• Sabtu, 13 Agustus 2022

WHO: Omicron menyebar lebih cepat dari Delta, kurangi keampuhan vaksin

- Selasa, 14 Desember 2021 | 08:49 WIB
Covid-19 varian Omicron, dr. Adam Prabata himbau warga agar tidak spekulatif tentang virus baru ini
Covid-19 varian Omicron, dr. Adam Prabata himbau warga agar tidak spekulatif tentang virus baru ini

BERANDAKITA.COM, JAKARTA -- Organisasi Kesehatan Dunia  pada Minggu menyampaikan data awal menunjukkan varian omicron menyebar lebih cepat dari varian delta dan berpotensi mengurangi kemanjuran vaksin menurut data awal.

Menurut data WHO, omicron kini telah menyebar ke 63 negara per 9 Desember.

Penularan lebih cepat terjadi di Afrika Selatan, di mana delta kurang banyak ditemukan dan di Inggris, di mana delta dominan.

“Berdasarkan bukti yang terbatas, omicron tampaknya memiliki keunggulan pertumbuhan dibandingkan delta,” kata WHO seperti dikutip dari Anadolu Agency. 

Namun, WHO menekankan kurangnya data membuat mereka belum bisa memastikan apakah tingkat penularan Omicron adalah karena respons imun, transmisibilitas yang lebih tinggi, atau kombinasi keduanya.

Gejala kurang parah, kemanjuran vaksin rendah

Namun demikian, WHO menerangkan temuan awal dari Afrika Selatan menunjukkan varian ini  kurang parah daripada delta dan semua kasus yang dilaporkan di Uni Eropa hingga saat ini ringan atau tanpa gejala.

Selain itu, kata WHO, data yang tersedia soal ini masih terbatas dan tidak ada bukti dari telaah para ahli tentang kemanjuran vaksin terhadap omicron.

“Masih belum jelas sejauh mana omicron mungkin secara inheren kurang virulen,” kata WHO.

“Bukti awal, dan profil antigenik protein lonjakan omicron yang sangat berubah, menunjukkan pengurangan kemanjuran vaksin terhadap infeksi dan penularan yang terkait dengan omicron,” terang WHO.

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selandia Baru Konfirmasi Kasus Pertama Varian Omicron

Jumat, 17 Desember 2021 | 10:51 WIB

Terpopuler

X