• Kamis, 27 Januari 2022

Waktunya Lunasi Pajak Kendaraan Bermotor, Diskon dan Pemutihan Masih Ada Hingga Akhir Tahun

- Jumat, 10 Desember 2021 | 09:34 WIB
Diskon Pajak Kendaraan Bermotor
Diskon Pajak Kendaraan Bermotor

BERANDAKITA.COM JAKARTA – Kalau anda masih punya tunggakan pajak kendaraan bermotor, masih ada kesempatan melunasi hingga akhir tahun dengan diskon. 

Hingga akhir 2021, masih ada delapan provinsi yang memberikan pemutihan serta diskon pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan (BBNKB) hingga akhir tahun ini.

Pajak Kendaraan Bermotor adalah pajak atas kepemilikan  kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor yang pelaksanaan pemungutannya dilakukan di kantor bersama samsat.

Sedangkan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor adalah pajak atas penyerahan hak milik kendaraan bermotor sebagai akibat perjanjian dua pihak atau perbuatan sepihak atau keadaan terjadi karena jual beli, tukar menukar, hibah, warisan, atau pemasukan ke dalam badan usaha.

Jika terlambat menunaikan kewajiban pajak, masyarakat tidak perlu denda hanya tinggal membayar pokok pajak PKB. 

Dilansir Belasting.id dan Kilas24.com, berikut 8 provinsi yang masih menerapkan pemutihan pajak sampai Desember 2021:

  1. Jawa Barat

Program pemutihan pajak kendaraan di Jawa Barat masih akan berlangsung sampai 24 Desember 2021. Masyarakat tidak akan dikenakan denda PKB, hanya membayar pokok pajaknya saja.

Untuk BBNKB II, pemilik kendaraan dibebaskan dari biaya BBNKB, dan untuk BBNKB I, pengurangan sebagian pokok BBNKB atas penyerahan pertama diberikan sebesar 2,5%.

  1. Daerah Istimewa Yogyakarta

Pemutihan denda pajak kendaraan juga diberikan oleh Pemprov Yogyakarta. pemutihan denda pajak kendaraan di Yogyakarta akan berlangsung sampai 31 Desember 2021.

Relaksasi yang diberikan antara lain bebas denda PKB, bebas denda BBNKB, dan bebas denda Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Jasa Raharja (SWDKLLJ) tahun yang lewat.

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selandia Baru Konfirmasi Kasus Pertama Varian Omicron

Jumat, 17 Desember 2021 | 10:51 WIB

Terpopuler

X