• Sabtu, 13 Agustus 2022

Zakat Itu Wajib, Ini Daftar Lembaga Amil Zakat Resmi yang Sudah Dapat Izin Pemerintah

- Senin, 29 November 2021 | 08:05 WIB
Zakat wajib ditunaikan muslim yang hartanya sudah mencapai nisab
Zakat wajib ditunaikan muslim yang hartanya sudah mencapai nisab

BERANDAKITA.COM, JAKARTA -- Zakat adalah rukun Islam keempat yang wajid ditunaikan oleh muslim yang hartanya sudah mencapai nisab atau jumlah harta bendakan minimum yang dikenakan zakat

Pemerintah sudah mengumumkan sebanyak 91 Lembaga Amil Zakat (LAZ) pada skala nasional hingga skala kabupaten/kota yang resmi mendapatkan izin untuk mengumpulkan zakat masyarakat. 

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Tarmizi Tohor mengatakan zakat harus dikelola oleh lembaga amil yang profesional dan memiliki legitimas. 

Sesuai dengan UU NO 23 Tahun 2011 Pasal 18 tentang pembentukan Lembaga Amil Zakat, modal utama untuk profesionalitas LAZ adalah izin. 

“Ada syarat untuk menjadi mengurus izin menjadi LAZ resmi,” ujar dia. 

Baca Juga: Diskon Tarif Listrik Masih Ada hingga Desember, Cek Pakai PLN Mobile Lebih Praktis  

Salah satunya persyarakatnnya adalah harus memenuhi menjadi organisasi kemasyarakatan Islam yang mengelola pendidikan, dakwah, sosial, dan berbadan hukum.

LAZ juga harus mendapat rekomendasi dari Baznas, memiliki pengawas syariat, kemampuan teknis, administrasi, dan keuangan untuk menjalankan kegiatan.

"LAZ yang mengajukan izin juga harus bersifat nirlaba, memiliki program pendayagunaan zakat untuk kesejahteraan dan wajib diaudit syariat dan keuangan secara berkala," kata dia. 

Tarmizi mengatakan LAZ skala nasional syarat utamanya harus mendapatkan izin dari Menteri Agama setelah mendapat rekomendasi dari Baznas

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selandia Baru Konfirmasi Kasus Pertama Varian Omicron

Jumat, 17 Desember 2021 | 10:51 WIB

Terpopuler

X