• Minggu, 27 November 2022

Covid-19 Varian Omicron: Indonesia Larang Masuk Orang dengan Riwayat Perjalanan ke 8 Negara 

- Minggu, 28 November 2021 | 14:41 WIB
Pemeriksaan Covid-19 di Bandara  (Dedy Sutisna)
Pemeriksaan Covid-19 di Bandara (Dedy Sutisna)

BERANDAKITA.COM, JAKARTA -- Indonesia memberlakukan larangan masuk bagi orang asing dengan riwayat perjalanan dari wilayah Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, dan Nigeria dalam 14 hari terakhir untuk mengantisipasi masuknya Covid-19 varian Omicron. 

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Arya Pradhana Anggakara mengatakan aturan baru ini untuk menyikapi dinamika munculnya varian baru Covid-19 B.1.1.529 atau varian Omicron dari luar wilayah Indonesia. 

"Jika ada orang asing yang pernah berkunjung ke negara-negara tersebut dalam kurun waktu 14 hari ke belakang, maka akan langsung ditolak masuk Indonesia di Tempat Pemeriksaan Imigrasi, untuk mengantisipasi varian Omicron," jelas Angga dalam siaran pers, Minggu 28 November 2021.

Indonesia juga menangguhkan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga delapan negara tersebut. 

Baca Juga: Selain CPO, Kelapa Sawit juga Hasilkan Cangkang yang Jadi Komoditas Ekspor, Kayak Apa Sih?

Kedua kebijakan tersebut menurut angga akan mulai berlaku pada Senin, 29 November 2021.

"Jika masyarakat membutuhkan konsultasi lebih lanjut, kamis sarankan menghubungi kami melalui livechat di www.imigrasi.go.id pada hari dan jam kerja, " ujar dia. 

Indonesia Harus Hati-hati

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Zubairi Djoerban, menyebut Indonesia harus berhati-hati menghadapi varian baru Covid-19, Omicron.

Melalui akun Twitter pribadinya, @ProfesorZubairi, pada 27 dan 28 November 2021.

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X