• Selasa, 30 November 2021

Natal dan Tahun Baru 2022, PNS Dilarang Cuti Mulai 20 Desember

- Kamis, 25 November 2021 | 23:45 WIB
Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN)  (menpan.go.id)
Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) (menpan.go.id)

BERANDAKITA.COM,JAKARTA — Pemerintah melarang para Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) mengambil cuti saat libur Natal dan Tahun Baru 2022 untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

Dalam aturan Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, PNS atau ASN dikenai larangan cuti dan bepergian ke luar daerah pada pekan yang sama dengan hari libur nasional. 

Dikutip dari Kilas24.com, Dengan demikian larangan cuti mulai berlaku bagi PNS atau ASN mulai 20 Desember 2021 dan akan berakhir pada 2 Januari 2022. 

Larangan cuti PNS ini dikecualikan bagi mereka yang cuti melahirkan dan cuti sakit. PNS juga tetap bisa mengajukan cuti dengan alasan penting. 

Baca Juga: Ini Jadwal Resmi Cair KJP Plus Tahap 2 November 2021, Bisa Cek Saldo Bank DKI dengan JakOne Mobile

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Larangan bepergian ke luar daerah dikecualikan bagi ASN yang bertempat tinggal dan bekerja di instansi yang berlokasi di wilayah aglomerasi yang akan melakukan work from office (WFO) seperti Mebidangro, Jabodetabek, Bandung Raya, Jogja Raya, Solo Raya, Kedungsepur, Gerbangkertosusila, maupun Maminasata.

“Dinas keluar kota juga harus memperoleh surat tugas yang ditandatangani minimal Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II) atau Kepala Kantor Satuan Kerja,” ujar aturan tersebut. 

Pengecualian juga diberikan pada pegawai yang dalam keadaan terpaksa perlu melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah, dengan mendapat izin tertulis dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di lingkungan instansinya.

Baca Juga: UGM dan Tristem Medika Indonesia Kerja Sama Pengembangan Riset Sel Punca

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X