• Selasa, 30 November 2021

Peringatan Hari Guru Nasional, Guru jadi Kunci Pemanfaatan Bonus Demografi

- Kamis, 25 November 2021 | 15:09 WIB
Peringatan Hari Guru Nasional  (menpan.go.id)
Peringatan Hari Guru Nasional (menpan.go.id)

BERANDAKITA.COM,JAKARTA -- Pada Peringatan Hari Guru Nasional, guru-guru menghadapi tantangan besar, bukan saja berjuang untuk kesejahteraan, namun juga meningkatkan kompetensi agar Indonesia mempunyai sumber daya produktif saat bonus demografi kelak.

Peneliti lembaga think tank, Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Nadia Fairuza mengatakan sejauh ini program-program peningkatan kesejahteraan dan kompetensi guru belum membawa perubahan signifikan pada kualitas pendidikan tanah air. 

Padahal kata dia pada 2030-2040 jumlah penduduk usia produktif melebihi jumlah penduduk usia non-produktif. 

"Guru mempunyai peran penting untuk menyediakan sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya, sehat jasmani dan rohani dalam menghadapi bonus demografi," ujar dia dalam siaran pers Kamis 25 November 2021. 

Baca Juga: Wow...Nilai Ekspor Indonesia akan Dekati USD348 Miliar Pada 2030

Menurut dia pandemi Covid-19 semakin menguatkan pentingnya perbaikan kompetensi guru, khususnya pada penguasaan teknologi digital. 

Dalam pandemi Covid-19, para guru dipaksa beradaptasi mengajar menggunakan metode yang jauh berbeda dari biasanya, dan tidak semuanya berhasil.

Situasi ini mengharuskan guru mempunyai kompetensi agar bisa berinisiatif menggunakan metode pembelajaran yang mengandalkan teknologi. 

“Alih-alih mengembangkan metode pembelajaran yang menarik siswa, kebanyakan guru masih berjuang menguasai teknologinya dan menyesuaikan diri dengan cara mengajar mereka,” ujar dia. 

Di sisi lain program sertifikasi guru tidak secara linier terbukti meningkatkan mutu guru dan hasil pembelajaran siswa di sekolah.

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X