• Selasa, 30 November 2021

Canggih, Kereta LRT Jabodetabek Beroperasi Tanpa Masinis 

- Rabu, 24 November 2021 | 18:08 WIB
LRT Jabodetabek beroperasi tanpa masinis
LRT Jabodetabek beroperasi tanpa masinis

BERANDAKITA.COM, JAKARTA -- Kereta LRT Jabodetabek akan beroperasi dengan menggunakan sistem kendali kereta berbasis komunikasi atau Communication Base Train Control (CBTC ) dengan tingkat otomatisasi level tiga, sehingga tidak memerlukan masinis

PT KAI, selaku operator LRT Jabodebek tengah menyiapkan sumber daya manusia untuk memastikan pelayanan, keselamatan dan keamanan selama dalam perjalanan tetap terjaga.

“Meski LRT Jabodebek akan beroperasi tanpa masinis, nantinya terdapat 2 orang petugas pada setiap rangkaian LRT Jabodebek yaitu 1 orang Train Attendant dan 1 orang Security,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Train Attendant bertugas memastikan segala sesuatu terkait LRT Jabodebek berjalan normal, memberikan informasi kepada pelanggan, serta memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Pengoperasian LRT Jabodebek dilakukan secara otomatis dari Operation Control Center (OCC)/Backup OCC secara terpusat.    

Baca Juga: Raffi Ahmad  Ungkap Rahasia Raih Pendanaan dari Emtek Group, Simak Nih..

Baca Juga: KJP November 2021 Cair: Cara Mengurus Kalau Tak Masuk Daftar Penerima Tahap 2

“Pada saat terjadi gangguan, Train Attendant bertugas untuk mengemudikan dengan kecepatan terbatas dan membuka-tutup pintu LRT Jabodebek,” ujar Joni.

KAI saat ini sedang menyiapkan 123 orang Train Attendant untuk bertugas di 27 rangkaian kereta LRT Jabodebek (4 cadangan).

Berbeda dengan masinis, petugas Train Attendant juga harus mampu berbahasa Inggris karena selama perjalanan petugas Train Attendant berinteraksi langsung dengan para pelanggan.

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X