• Selasa, 30 November 2021

Menteri Risma: Semua Bansos Harus Cair November 

- Rabu, 24 November 2021 | 09:00 WIB
Uang
Uang

BERANDAKITA.COM, JAKARTA — Menteri Sosial Tri Risma Harini menegaskan bahwa bantuan sosial atau Bansos dari pemerintah harus cair pada November 2021. 

Jika tidak selesai pada November maka sudah tidak ada waktu penyaluran lagi. 

“Karena ini sudah November, sudah tidak ada waktu lagi,” ujar dia. 

Upaya percepatan pencairan bansos Kemensos ini ditegaskan Menteri Risma saat melakukan pemadanan data bansos untuk program bantuan sembako di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. 

Menteri Risma meminta meminta pihak daerah dan Himbara untuk segera menyalurkan bantuan yang belum tersalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM). 

Kegiatan pemadanan data dilakukan Mensos melalui diskusi antara Pihak Kemensos, Dinas Sosial, Himbara, dan Para Pendamping Bantuan Sosial yang ada di empat kabupaten/kota di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto.

Dari diskusi tersebut, ditemukan bahwa masih banyak kartu keluarga sejahtera (KKS) yang belum tersalur dan KPM yang belum transaksi, sehingga Mensos meminta agar semua pihak bekerja sama melakukan percepatan penyaluran, khususnya penyaluran Juli – September serta Oktober.

Menteri Sosial juga menyampaikan kepada Sekda Kabupaten Nganjuk untuk menyampaikan kepada Bupati Nganjuk agar Senin seluruh KKS sudah harus dibagi kepada KPM.

“Saya mau pak sekda nanti sampaikan ke pak bupati saya minta senin itu dibagi (KKS), seluruh KPM itu diundang di suatu tempat itu di lapangan,” kata Menteri Sosial seperti dilansir www.kilas24.com.

Untuk data di Kabupaten Nganjuk realisasi Program Sembako per tanggal 20 November 2021, dari 119.347 KPM, yang sudah melakukan transaksi untuk penyaluran Juli – September sebanyak 113.269 KPM dan untuk penyaluran bulan Oktober dari 116.798 KPM, sebanyak 110.893 KPM sudah melakukan transaksi.

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X