• Selasa, 30 November 2021

Ini Cara Cek Diskon Tarif Listrik, Masih Lanjut hingga Desember 2021  

- Selasa, 23 November 2021 | 09:23 WIB
ILUSTRASI: Jaringan Listrik (Foto PLN - BERANDAKITA)
ILUSTRASI: Jaringan Listrik (Foto PLN - BERANDAKITA)

BERANDAKITA.COM, JAKARTA -- Pemerintah masih memberikan diskon tarif listrik hingga Desember 2021 untuk golongan rumah tangga dan bisnis kecil. 

Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), stimulus diskon tarif listrik yang diberikan hingga Desember 2021, besarannya adalah sebagai berikut:

  1. Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Baca Juga: Cepat Cairkan, Ini Syarat Pengambilan Insentif Guru Agama Non PNS 

Diskon tarif listrik diberikan secara langsung kepada pelanggan. Bagi pelanggan pascabayar, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. 

Sementara itu, untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

Untuk pelanggan prabayar daya 450 VA, tidak perlu lagi mengakses token stimulus, baik di website maupun layanan Whatsapp Stimulus, karena stimulus akan langsung diperoleh saat membeli token listrik, dikutip dari laman PT PLN, www.pln.co.id.

Khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri.

Baca Juga: Cetak Sejarah, BTS Menangkan Artist of The Year American Music Award 2021

Potongan sebesar 50 persen hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

Ini cara cek dan mendapatkan informasi mengenai Diskon Tarif Listrik Desember 2021. 

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X