• Selasa, 30 November 2021

Hari Guru Nasional Diperingati Tiap 25 November, Simak Ini Sejarahnya

- Sabtu, 20 November 2021 | 06:00 WIB
Guru   (Pixabay_SyauqiFillah)
Guru (Pixabay_SyauqiFillah)

BERANDAKITA.COM, JAKARTA -- Peringatan Hari Guru nasional di Indonesia ternyata berkaitan dengan sejarah gerakan perjuangan melawan kolonialisme Belanda. 

Peringatan Hari Guru nasional setiap 25 November mempunyai sejarah jauh sebelum republik ini lahir yaitu saat pembentukan Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912. 

Persatuan Guru Hindia Belanda ini mempunyai banyak anggota dari semua kalangan guru. 

Mulai dari guru bantu, guru desa, kepala sekolah bahkan pemilik sekolah. Tingkat pendidikan umumnya beragam, tapi mereka rata-rata mengabdi pada Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua.

Baca Juga: Survei Pemetaan Udara Tol Cisumdawu Selesai, Akhir Tahun Sudah Beroperasi 

Keanggotaan PGHB tidak memandang latar belakang pendidikan, suku dan agama sehingga anggotanya tidak terbatas dari semua kalangan.   

Para guru ini sudah mempunyai semangat nasionalisme Indonesia sejak awal, hingga akhirnya pada 1932, PGHB mengubah namanya menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). 

Kemunculan organisasi ini membuat pemerintah Kolonial Belanda khawatir, karena penggunaan kata “Indonesia” bisa menimbulkan rasa nasionalisme yang lebih luas. 

Apalagi mereka adalah guru yang mempunyai akses untuk mengajar anak-anak hingga pelosok pedesaan. 

Meski mendapat beragam tekanan organisasi ini tetap mempertahankan penggunaan nama “Indonesia” hingga akhirnya Belanda hengkang dari Bumi Pertiwi. 

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhir 2021 Vaksinasi Ditarget Capai 300 Juta Dosis

Rabu, 10 November 2021 | 07:03 WIB
X