• Kamis, 27 Januari 2022

Ketua DPR Puan Maharani Minta Audit Pengamanan Kilang Pertamina

- Senin, 15 November 2021 | 12:25 WIB
Kebakaran di kilang minyak Pertamina Cilacap
Kebakaran di kilang minyak Pertamina Cilacap

BERANDAKITA.COM, JAKARTA -- PT Pertamina, perusahaan minyak milik pemerintah diminta melakukan audit sistem pengamanan kilang-kilang miliknya setelah sering mengalami kebakaran, ujar Ketua DPR Puan Maharani

“Seperti kita ketahui, ini bukan kejadian pertama kebakaran kilang Pertamina di 2021,” kata Puan, Senin 15 November 2021. 

Dalam setahun, setidaknya sudah ada tiga tangki Pertamina terbakar. 

Pada 29 Maret 2021, terjadi kebakaran kilang minyak di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, yang cukup besar sehingga proses pemadamannya memakan waktu hingga dua hari.

Kemudian kebakaran kilang minyak milik Pertamina terjadi di area pertangkian 39 Pertamina RU IV Cilacap pada 11 Juni 2021. 

Baca Juga: Squid Game Berpeluang Besar Sabet Emmy Primetime, Tapi..

Baca Juga: BTS Menangkan 4 Penghargaan di MTV EMA 2021

Kebakaran kilang minyak Cilacap Pertamina kembali terjadi pada Sabtu 13 November di Refinery Unit (RU) IV Tangki 36T-102 yang berisi komponen Pertalite sebanyak 31 ribu kiloliter.

“Seringnya kebakaran di kilang minyak Pertamina memerlukan evaluasi mendalam. Harus ada audit sistem pengamanan di kilang-kilang minyak milik Pertamina sehingga bisa ditemukan apa persoalannya agar bisa segera diatasi,” ujar Puan.

“Karena kebakaran di lingkungan kerja Pertamina sudah sering sekali terjadi. Kami berharap ada investigasi menyeluruh dan evaluasi total sehingga tidak lagi terjadi di kemudian hari,” tambah dia. 

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhir 2021 Vaksinasi Ditarget Capai 300 Juta Dosis

Rabu, 10 November 2021 | 07:03 WIB

Terpopuler

X