• Kamis, 27 Januari 2022

VARIAN DELTA AY.4.2: Sudah Sampai Malaysia, Ini Langkah Pencegahan Pemerintah

- Rabu, 10 November 2021 | 07:11 WIB
ILUSTRASI: Vaksin Covid-19
ILUSTRASI: Vaksin Covid-19

BERANDAKITA, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk tetap berhati-hati dan waspada terutama terhadap penyebaran varian Delta AY.4.2 yang berkontribusi terhadap kenaikan kasus di beberapa negara di Eropa.

“Arahan Bapak Presiden, khususnya kota-kota yang akan menjadi host-nya G20 itu harus dijaga dengan benar-benar, harus diperhatikan dengan sangat hati-hati,” ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi G. Sadikin.

Hal tersebut disampaikan Menkes Budi dalam keterangan pers usai menghadiri Rapat Terbatas mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (8 November 2021).

Menkes Budi Sadikin menyampaikan untuk mengantisipasi masuknya varian yang sudah terdeteksi di Malaysia ini pihaknya terus mengintensifkan pelaksanaan genome sequencing.

Selain itu, menurut Menkes Budi Sadikin, pemerintah juga meningkatkan protokol kesehatan di pintu-pintu masuk kedatangan internasional.

“Kita melakukan genome sequencing antara 1.500-1.800 tes per bulan. Kita tetap jaga, perbatasan-perbatasan kita dijaga. Apalagi ini sudah (terdeteksi di) Malaysia, banyak orang Indonesia pulang pergi dari Malaysia, baik darat, laut, dan udara. Ini nanti akan kita tingkatkan penjagaannya, agar kita bisa menahan potensi masuknya varian baru ini ke Indonesia.”

VAKSINASI

Pemerintah terus mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi nasional untuk segera mencapai kekebalan komunal atau herd immunity dalam menghadapi pandemi Covid-19. Pada penghujung 2021, ditargetkan cakupan vaksinasi mencapai 300 juta dosis.

“Dengan laju seperti ini, kita estimasi di akhir tahun akan bisa kita berikan 290juta—300 juta dosis. Untuk orangnya, dosis pertama bisa 168 juta, perkiraan kami 80 persen dari target, dan untuk lengkap dua dosis 124 juta orang atau 60 persen dari target populasinya kami,” ujar Menkes seperti dilansir laman Sekretariat Kabinet, www.setkab.go.id.  

Halaman:

Editor: Sanggono Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhir 2021 Vaksinasi Ditarget Capai 300 Juta Dosis

Rabu, 10 November 2021 | 07:03 WIB

Terpopuler

X