• Selasa, 27 September 2022

UMRAH MASA PANDEMI: Wilayah 1 Lewat Satu Pintu, Bandara Soekarno - Hata

- Jumat, 5 November 2021 | 09:12 WIB
Jemaah Umrah (Anadolu Agency - Berandakita.com )
Jemaah Umrah (Anadolu Agency - Berandakita.com )

BERANDAKITA, JAKARTA -- Kementerian Agama bersama Otoritas Bandara (Otban) Wilayah I menggelar pertemuan untuk membahas persiapan keberangkatan umrah.

Kepala Sub Direktorat Pemantauan dan Pengawasan Umrah dan Haji Khusus, M Noer Alya Fitra, menjelaskan sejumlah langkah persiapan yang dilakukan pihaknya, antara lain skema “umrah satu pintu”.

Skema tersebut dimaksudkan agar memudahkan pengendalian, pengawasan, dan memastikan kesehatan, keamanan, dan keselamatan jemaah umrah yang dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19.

Dengan skema ini, lanjut pria yang akrab disapa Nafit, pemberangkatan dan pemulangan jemaah umrah pada tahap-tahap awal keberangkatan melalui satu titik, yaitu Bandara Soekarno Hatta.

Asrama haji akan dijadikann sebagai titik awal keberangkatan jemaah umrah. Jemaah umrah harus sudah clear di asrama haji, baik dari sisi kelengkapan dokumen perjalanan dan kesehatannya.

“Oleh karena itu, kami sangat membutuhkan bantuan Otoritas Bandara untuk memastikan fasilitas asrama haji memenuhi persyaratan untuk diberlakukan sebagai tempat keberangkatan internasional, seperti pelayanan jemaah haji reguler,” terang Nafit di Jakarta, Rabu (3 Oktober 2021).

Hadir juga, Kasubdit Perizinan, Akreditasi, dan Bina PPIU Rudi Ambari, serta Kasubdit Perizinan, Akreditasi, dan Bina PIHK Mujib Roni.

Nafit menambahkan bahwa pihaknya bersama Kementerian Kesehatan sudah menyiapkan regulasi teknis pelayanan kesehatan bagi jemaah umrah, di antaranya terkait data sertifikat vaksin serta integrasi siskopatuh dengan pedulilindungi.

“Kami juga akan segera membahas tentang data jemaah umrah yang harus disinkronisasi bersama Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil,” ujarnya seperti dilansir laman Kemenag, www.kemenag.go.id.

Halaman:

Editor: Sanggono Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Upah Minimum 2022 Mulai Dibahas, Apakah Ada Kenaikan

Senin, 15 November 2021 | 06:00 WIB
X