• Sabtu, 13 Agustus 2022

Mahasiswa Unsoed Ciptakan Alat Pengolah Limbah Batik Berbasis Mikroorganisme 

- Kamis, 4 November 2021 | 17:40 WIB
Mahasiswa Unsoed menciptakan alat pengolah limbah tekstil dan batik berbahan dasar mikroorganisme
Mahasiswa Unsoed menciptakan alat pengolah limbah tekstil dan batik berbahan dasar mikroorganisme

BERANDAKITA.COM, JAKARTA — Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto merah penghargaan dalam ajang “6th Istanbul International Inventions Fair’21” dengan menciptakan alat pengolah limbah pewarna tekstil dan batik berbasis mikroorganisme jamur. 

Alat pengolah limbah pewarna tekstil dan batik berbasis  diberi nama MY-ZEO : Mycoremediation and Zeolit Filter with Sensor for Textile and Batik Wastewater Treatment”.

Keempat mahasiswa tersebut adalah Putri Ramadani, Yasinta Nida Arroyan, Wafa Nur Azizah, dari Fakultas Biologi dan Febriansyah Dwi Putra dari Fakultas Teknik dengan bimbingan dosen Biologi Ratna Stia Dewi.

Baca Juga: Peringatan Hari Pahlawan, Ini Link Twibbon dan Cara Menggunakannya

Menurut Ratna MY-ZEO bisa memulihkan kandungan bahan pencemar lingkungan dalam air limbah batik menjadi lebih ramah lingkungan. 

Selain warna, alat ini dapat memulihkan Total suspended Solid (TSS), Khrom total, Ammonia Bebas, Fenol, dan pH, sehingga sesuai dengan nilai baku mutu.

“Alat tersebut dirancang menggunakan bahan biologis berupa teknobiologi mikroorganisme jamur dan bahan alam sebagai filtrasi yang digerakkan dengan menggunakan motor listrik,” ujar dia dalam siaran pers. 

Baca Juga: PERINGATAN HARI PAHLAWAN 2021: Warga Diminta Kibarkan Bendera Merah Putih Satu Tiang Penuh

Menurut dia selama ini limbah industri tekstil, termasuk batik belum dapat ditangani optimal. 

Padahal limbah tekstil termasuk batik mempunyai komponen yang sangat mencemari lingkungan atau biota sungai. Microba jika terkena limbah batik bisa bermutasi menghasilkan microba baru yang berbahaya bagi lingkungan. 

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selandia Baru Konfirmasi Kasus Pertama Varian Omicron

Jumat, 17 Desember 2021 | 10:51 WIB

Terpopuler

X