• Sabtu, 13 Agustus 2022

Peringatan Hari Pahlawan 2021: Empat Tokoh Daerah Peroleh Gelar Pahlawan Nasional 

- Kamis, 4 November 2021 | 11:29 WIB
Hari Pahlawan 2021 Pahlawanku Inspirasiku
Hari Pahlawan 2021 Pahlawanku Inspirasiku

BERANDAKITA.COM, JAKARTA  -- Pemerintah memberikan gelar Pahlawan Nasional pada empat tokoh daerah dalam peringatan Hari Pahlawan 2021. 

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan keempat tokoh tersebut adalah Tombolotutu (tokoh dari Sulawesi Tengah), Sultan Aji Muhammad Idris (tokoh dari Kalimantan Timur), Aji Usmar Ismail (tokoh dari DKI Jakarta), dan Raden Arya Wangsa Kara (tokoh dari Banten).  

“Keempat tokoh tersebut dipilih karena memenuhi syarat seperti pernah berjuang hingga banyak melahirkan manfaat bagi kemajuan negara,” ujar 

Keputusan itu menurut pemerintah juga karena alasan pemerataan asal daerah Pahlawan Nasional

Misalnya Sulawesi Tengah, hingga kini menurut Menteri Mahfud belum mempunyai Pahlawan Nasional. Demikian juga Kalimantan Timur. 

“Sulawesi Tengah dan Kalimantan Timur ini adalah provinsi yang ada sejak awal Indonesia merdeka," kat Menteri Mahfud. 

Daftar keempat tokoh tersebut nantinya akan diserahkan kepada pihak Istana dan akan dianugerahkan secara resmi kepada keluarga empat tokoh tersebut di Istana Bogor.

"Penganugerahan Persis pada Hari Pahlawan 10 November 2021," ujar Menteri Mahfud. 

Gelar pahlawan nasional diberikan kepada seseorang gugur karena berjuang melawan penjajahan atau berjuang demi bangsa dan negara di Indonesia. 

Gelar pahlawan ini juga bisa diberikan pada seseorang yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhir 2021 Vaksinasi Ditarget Capai 300 Juta Dosis

Rabu, 10 November 2021 | 07:03 WIB

Terpopuler

X