• Kamis, 27 Januari 2022

Jangan Lupa, Libur Maulid Nabi Muhammad Digeser jadi 20 Oktober

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 14:14 WIB
Link Download Twibbon Maulid Nabi untuk WA, Facebook, Instagram (pixabay)
Link Download Twibbon Maulid Nabi untuk WA, Facebook, Instagram (pixabay)

BERANDAKITA.COM, JAKARTA -- Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada 12 Rabiul Awal 1443 Hijriah bertepatan dengan 19 Oktober. 

Namun umat Islam tetap dapat merayakan Maulid Nabi 2021 sesuai dengan kalender hijriyah karena pemerintah memutuskan libur Maulid Nabi digeser menjadi 20 Oktober.

Kebijakan ini ada dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, Nomor 3 tahun 2021 tentang Hari libur Nasional dan Cuti Bersama 2021.

Pergeseran hari libur dilakukan pemerintah untuk mengendalikan penularan Covid-19. 

Pemerintah menghindari adanya long weekend yang berpotensi mendorong penumpukan masyarakat pada waktu dan tempat tertentu sehingga meningkatkan potensi penyebaran Covid-19. 

“Pengubahan hari libur diterapkan pada hari raya keagamaan yang tidak ada ritual ibadahnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya long weekend,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Tahun depan kebijakan pemerintah soal hari libur juga tidak berubah, yaitu tetap memperhatikan kondisi penularan Covid-19. 

Pemerintah sudah menetapkan hari libur nasional 2022 sebanyak 16 hari.

Namun, cuti bersama yang biasanya sudah diketahui di awal tahun akan ditetapkan dengan mempertimbangkan perkembangan penularan Covid-19.

“Penetapan libur nasional dan cuti bersama juga berdasarkan hasil evaluasi selama dua tahun terakhir semenjak pandemi Covid-19,” tutur dia.

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selandia Baru Konfirmasi Kasus Pertama Varian Omicron

Jumat, 17 Desember 2021 | 10:51 WIB

Terpopuler

X