• Selasa, 30 November 2021

Pemerintah Gelontorkan Beasiswa bagi 2.175 Mahasiswa, Kuota untuk Guru akan Ditambah

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 19:42 WIB
ILUSTRASI: Mahasiswa
ILUSTRASI: Mahasiswa

BERANDAKITA.COM, JAKARTA -- Pemerintah memberikan Beasiswa Pendidikan Indonesia kepada 2.175 penerima dari jenjang S-1, S-2, S-3 maupun program gelar ganda. 

Penerima beasiswa terdiri dari calon guru, guru, calon dosen, dosen, pelaku budaya, siswa, dan mahasiswa berprestasi. 

Mereka akan mengikuti pendidikan di 59 perguruan tinggi dalam negeri dan 112 perguruan tinggi di luar negeri yang tersebar di 20 negara. 

Bantuan diberikan pada semester gasal tahun akademik 2021/2022. Pemberian bantuan ditujukan untuk meningkatkan dan membangun sumber daya manusia Indonesia serta meningkatkan pemanfaatan  dana pengembangan pendidikan nasional.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengatakan para penerima beasiswa harus memanfaatkan kesempatan ini untuk menempuh petualangan dalam menuntut ilmu.

Rencananya penerima program beasiswa ini akan ditambah terutama  untuk guru, dosen, dan pelaku budaya.

“Ini upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pelaku budaya, jadi jangan disia – siakan. Bangun network baru, keluar dari zona nyaman, coba hal baru, jangan takut ambil risiko, dan usaha inovatif dalam pembelajaran,” ujar Menteri Nadiem. 

Dia berharap Beasiswa Pendidikan Indonesia bisa menjadi motivasi bagi para penerimanya untuk menjadi pemimpin di sektor masing – masing.

Mereka akan menjadi pemimpin di sektornya masing – masing, baik secara formal melalui Guru Penggerak, menjadi kepala sekolah, menjadi pengawas – pengawas guru, maupun menjadi bagian dari Kemendikbudristek.

Pemerintah juga menyiapkan anggaran agar dosen– dosen Indonesia bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri sehingga peluang untuk meningkatkan kolaborasi internasional semakin terbuka.

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X