• Minggu, 5 Desember 2021

Hebat Deh, 6 Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram Dapat Beasiswa ke Amerika Serikat

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 08:15 WIB
Hebat Deh, 6 Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram Dapat Beasiswa ke Amerika Serikat  (kemenag.go.id)
Hebat Deh, 6 Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram Dapat Beasiswa ke Amerika Serikat (kemenag.go.id)

BERANDAKITA, MATARAM – Bagi sebagian orang, anak-anak yang menuntut ilmu di madrasah rasanya ‘gimana gitu’. Tidak sementerang kalau sekolah umum, misalnya.

Namun, enam siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), membuktikan sebaliknya. Buktinya, para murid itu terpilih mengikuti Youth Exchange and Study Program (YES Program) di Amerika Serikat. 

YES Program merupakan pemberian beasiswa kepada siswa sekolah menengah (15-17 tahun) dari negara-negara dengan populasi muslim yang signifikan, termasuk Indonesia, untuk menghabiskan sampai dengan satu tahun pendidikan akademik di Amerika Serikat.

Berikut daftar nama enam siswa MAN 2 Mataram yang mengikuti YES Program ke Amerika Serikat:

  1. Nabila Safira dari kelas X IPS 3
  2. Ilmana Chiyarona Akrom, kelas X MIPA 4
  3. Agisha Nur Amelya kelas X MIPA 4
  4. Faridh Maulana Fachrezi dari Kelas XI MIPA 4
  5. Hemaliana Putri dari Kelas X MIPA 4
  6. Baiq Namira Maitsa Diantara dari kelas X MIPA 4.

BEBERAPA SELEKSI

Untuk mengikuti YES Program, peserta diharuskan untuk mengikuti beberapa seleksi yang diadakan oleh Bina Antar Budaya Indonesia, sebuah organisasi nirlaba non-pemerintah pengelola pertukaran pelajar.

Ada beberapa seleksi yang harus dilalui oleh peserta, antara lain: seleksi administrasi, interview, dan dinamika kelompok.

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Moh. Ishom mengapresiasi capaian ini. Ishom berpesan agar para siswa senantiasa menjaga diri dan nama baik bangsa Indonesia.

“Anak-anakku sekalian, jaga diri dengan baik, dan ingat anda semua membawa nama baik bangsa Indonesia, umat Islam dan Madrasah, khususnya MAN 2 Mataram,” pesan Ishom di Jakarta beberapa waktu lalu seperti dilansir laman Kementerian Agama, www.kemenag.go.id.

Halaman:

Editor: Sanggono Hadi

Sumber: www.kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhir 2021 Vaksinasi Ditarget Capai 300 Juta Dosis

Rabu, 10 November 2021 | 07:03 WIB
X