• Minggu, 5 Desember 2021

Arab Saudi Sudah Buka Ibadah Umrah tapi Peminatnya Sedikit, Kenapa Ya

- Kamis, 23 September 2021 | 15:22 WIB
Ilustrasi: Ka'bah di dalam masjid al-Haram. (Foto file - Anadolu Agency)
Ilustrasi: Ka'bah di dalam masjid al-Haram. (Foto file - Anadolu Agency)

 

BERANDAKITACOM – Meski sudah dibuka sejak Muharam 1443 untuk beberapa negara namun penyelenggaraan ibadah umrah masih sepi peminat.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esham Altsaqafi mengatakan hingga kini baru ada sekitar 1.000-1.500 orang yang ingin menunaikan ibadah umrah.

“Ini karena prosedur penyelenggaraan umrah yang sangat ketat, demi mencegah penyebaran pandemic Covid-19,” ujar Dubes Esham saat bertemu dengan Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi, di Jakarta, Rabu.

Arab Saudi menurut dia tidak pernah melarang umat Islam manapun termasuk Indonesia untuk melaksanakan umrah.

Namun karena pandemi yang meluas, maka pemerintah Arab Saudi melakukan pengaturan yang ketat untuk mengatasi masalah ini.

Dubes Esham mengaku baru saja melaporkan kepada otoritas Arab Saudi bahwa kasus Covid-19 di Indonesia sudah mulai melandai.

Menurutnya, informasi ini dia sampaikan agar menjadi pertimbangan bagi pemerintah Arab Saudi untuk membuka kembali pintu bagi Jemaah umrah asal Indonesia.

Sementara itu Khoirizi mengatakan pemerintah berharap umrah Indonesia bisa segera mendapat kesempatan untuk diberangkatkan.

Menurut dia, penanganan Covid-19 di Indonesia terus membaik, jemaah umrah Indonesia juga siap untuk mengikuti prokes yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X