• Minggu, 5 Desember 2021

Catat Nih, DPR Ingin Panglima yang Bisa Selesaikan Masalah Papua

- Senin, 20 September 2021 | 19:08 WIB
ILUSTRASI: Tentara
ILUSTRASI: Tentara

BERANDAKITACOM – Sebentar lagi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pension, tepatnya November mendatang.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRF) Puan Maharani berharap calon panglima TNI yang akan diajukan Presiden Joko Widodo adalah sosok yang mampu mengatasi berbagai persoalan, seperti masalah keamanan di Papua dan ancaman militer asing.

Di Papua kelompok teroris bersenjata menyerang tenaga kesehatan yang justru sangat diperlukan di provinsi tersebut. Sedangkan militer asing dikabarkan mondar-mandir di Laut Natuna Utara, bahkan membuat nelayan kecil terintimidasi.   

Menurut cucu proklamator ini, peran TNI sangat vital, terlebih saat ini Indonesia sedang mengalami sejumlah tantangan, termasuk pengendalian pandemic Covid-19.

“Panglima TNI ke depan bisa melaksanakan kebijakan pertahanan untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut,” kata Puan, Senin.

DPR menurut dia berkomitmen tidak akan berorienstasi pada kepentingan politik yang sempit dalam proses penentuan panglima ini, karena politik TNI adalah politik negara.

“DPR akan bersandar pada kepentingan organisasi TNI dan rakyat secara luas untuk menentukan panglima,” ujar dia.

Surat presiden (surpres) tentang nama-nama calon panglima, kata dia akan dikirim dalam waktu dekat.  

DPR akan memasuki masa reses pada 7 Oktober, sementara, masa jabatan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan berakhir pada 8 November.

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Artikel Terkait

Terkini

Upah Minimum 2022 Mulai Dibahas, Apakah Ada Kenaikan

Senin, 15 November 2021 | 06:00 WIB
X