• Selasa, 30 November 2021

Kementerian PUPR Tingkatkan Kualitas Rumah Sedaya di Kawasan Wisata

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:16 WIB
Kementerian PUPR Tingkatkan Kualitas Rumah Sedaya di Kawasan Wisata (perumahan.go.id)
Kementerian PUPR Tingkatkan Kualitas Rumah Sedaya di Kawasan Wisata (perumahan.go.id)

BERANDAKITA.COM, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan terus meningkatkan kualitas rumah sedaya di sejumlah kawasan wisata di Indonesia.

Kali ini sebanyak 430 rumah di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo – Tengger – Semeru (BTS) di Jawa Timur mendapatkan bantuan Program Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) sehingga dapat mendorong wisatawan untuk mengunjungi tempat tersebut.

Langkah Kementerian PUPR itu merupakan mendukung pengembangan kawasan wista di Indonesia dengan menata dan meningkatkan kualitas rumah penduduk.

“Dengan kondisi rumah penduduk yang ditingkatkan kualitasnya, maka para wisatawan yang datang berkunjung pun bisa lebih nyaman,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Khalawi, pada masa pandemi ini masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sangat membutuhkan bantuan rumah yang layak huni dari pemerintah.

Adanya rumah yang layak huni baik dari sisi konstruksi bangunan seperti atap, lantai dan dinding yang baik, maka mereka bisa hidup sehat dan terhindar dari paparan virus.

“Kami banyak menyalurkan bantuan berupa sarana hunian pariwisata (Sarhunta) untuk mendukung KSPN. Kami yakin dengan bantuan ini geliat sektor pariwisata di Indonesia dapat meningkat di masa mendatang,” harapnya.

Berdasarkan data yang ada di Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, sebanyak 430 unit rumah tercatat menjadi penerima Program Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya untuk mendukung Usaha Pondok Wisata (homestay) dan Usaha Pariwisata Lainnya di KSPN BTS.

Jumlah unit rumah tidak layak huni yang dibangun untuk homestay sebanyak 310 unit. Sementara itu, sisanya sebanyak 120 unit mendapatkan bantuan usaha pariwisata lainnya.

Halaman:

Editor: Sanggono Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sektor Properti Jadi Fokus Pemulihan Ekonomi Nasional

Minggu, 10 Oktober 2021 | 11:13 WIB

Tol Cisumdawu Siap Operasi Awal 2022

Minggu, 3 Oktober 2021 | 20:03 WIB
X