• Minggu, 27 November 2022

Ini Saran Epidemiolog Unsoed untuk Menekan Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak

- Sabtu, 22 Oktober 2022 | 11:02 WIB

BERANDAKITA.COM -- Penyakit gagal ginjal akut pada anak merebak di beberapa wilayah di Indonesia dengan kasus terbanyak ada DKI Jakarta.

Lantas bagaimana agar kasus gagal ginjal akut pada anak tidak semakin menyebar dan menambah jumlah korban. 

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh Ahli Epidemiologi Lapangan Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Yudhi Wibowo terkait dengan upaya meredam kasus gagal ginjal akut pada anak.

Dia menyarankan beberapa hal ini untuk mencegah kejadian gagal akut tipikal yang saat ini sedang banyak terjadi di Indonesia.

Yudhi Wibowo mengimbau baik masyarakat maupun pelaku kesehatan harus mengikuti anjuran pemerintah maupun pihak-pihak yang kompeten.

Bagi para tenaga kesehatan untuk sementara diminta tidak meresepkan obat-obatan dalam  bentuk cair syrup. Kemudian seluruh apotek tidak  menjual obat bebas dan/atau bebas terbatas dalam bentuk syrup kepada masyarakat.

Baca jugaGagal Ginjal Akut pada Anak: Sudah 99 Orang Balita Meninggal Akibat Zat Kimia Berbahaya

Sementara bagi orang tua yang memiliki anak terutama usia < 6 tahun dengan gejala penurunan volume/frekuensi urin atau tidak ada urin, dengan atau tanpa demam/gejala prodromal lain untuk segera dirujuk ke Fasilitas Kesehatan terdekat.

“Orang tua yang memiliki anak terutama usia balita untuk sementara tidak mengkonsumsi  obat-obatan yang didapatkan secara  bebas tanpa anjuran dari tenaga kesehatan yang kompeten,’ ujar dia.

Halaman:

Editor: Sanggono Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BOOSTER VAKSIN: Perlu Gak Sih, Ini Kata WHO

Minggu, 24 Oktober 2021 | 15:19 WIB

Stroke Itu Mendadak, Tidak Ada yang Perlahan-lahan

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 15:31 WIB

Ini Dia Manfaat Daun Kelor untuk Kejantanan  

Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:30 WIB
X