• Minggu, 27 November 2022

Hati-hati Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak, Simak Juga Tanda Gagal Ginjal Kronis

- Jumat, 14 Oktober 2022 | 10:55 WIB
Pembahasan tentang gangguan ginjal pada anak/ilsutrasi (kemenkes.go.id)
Pembahasan tentang gangguan ginjal pada anak/ilsutrasi (kemenkes.go.id)

BERANDAKITA.COM – Dunia kesehatan dikejutkan dengan merebaknya gagal ginjal akut misterius pada anak. Simak pembahasannya di artikel ini ya gaes.

Selain bahasan gagal ginjal pada anak, artikel yang disadur dari tentangkita.co juga membahas tentang tanda-tanda penyakit gagal ginjal kronis pada anak.

Menurut laporan Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI, ada 131 anak di Indonesia terserang gagal ginjal akut misterius (acute kidney injury of unknown origin).

Menurut keterangan Ketua Pengurus Pusat IDAI dr Piprim Basarah Yanuarso,  kasus gagal ginjal akut misterius pada anak itu terjadi selama periode Januari hingga Oktober 2022 di 14 provinsi di Indonesia.

Piprim mengatakan tren penderita gagal ginjal akut misterius pada anak mencapai puncaknya pada September, dan terlihat mulai menurun pada Oktober 2022 ini.

“Per 10 Oktober, yang masuk ke kami, tentu saja ini mungkin tidak representatif seluruh Indonesia, tetapi data yang melaporkan ke IDAI dan berhasil kami kumpulkan dari IDAI cabang itu ada kumulatif 131 kasus,” kata dr Piprim dalam konferensi pers virtual di Jakarta seperti dilansir media online nasional.

Sementara, Sekretaris Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nefrologi IDAI dr Eka Laksmi Hidayati mengatakan dalam 2 bulan terakhir yakni Agustus—September terjadi lonjakan kasus gagal ginjal akut misterius pada anak dengan 100 anak menjadi penderita.

“Di Agustus itu kami catat ada 35 kasus. Kemudian, di September meningkat menjadi 71 (kasus). Di Oktober ini, sampai tanggal 11 ada sembilan kasus,” kata dr Eka.

Menurut laporan IDAI, 14 provinsi yang telah melaporkan kasus gangguan ginjal akut misterius antara lain:

Halaman:

Editor: Sanggono Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BOOSTER VAKSIN: Perlu Gak Sih, Ini Kata WHO

Minggu, 24 Oktober 2021 | 15:19 WIB

Stroke Itu Mendadak, Tidak Ada yang Perlahan-lahan

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 15:31 WIB

Ini Dia Manfaat Daun Kelor untuk Kejantanan  

Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:30 WIB
X