• Selasa, 30 November 2021

Serangan Demam Berdarah Dengue (DBD) lagi Tinggi, Jangan Malas Bersihkan Lingkungan, Ikuti 3M

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 14:46 WIB
Gigitan nyamuk Demam Berdarah
Gigitan nyamuk Demam Berdarah

BERANDAKITA.COM, JAKARTA -- Salah satu cara untuk mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah dengan membersihkan lingkungan, salah satunya dengan protokok 3M, yaitu menguras, menutup dan memanfaatkan kembali barang-barang yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. 

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) biasanya muncul di lingkungan yang mempunyai banyak genangan air, terutama saat musim hujan. 

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan kematian dan dapat terjadi karena lingkungan yang kurang bersih.

Wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) biasanya mulai meningkat saat pertengahan musim hujan, seiring dengan bertambahnya tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk karena meningkatnya curah hujan. 

Karena itu, DBD biasanya menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) hampir tiap tahun. 

Masyarakat diharapkan bisa mengambil peran membersihkan lingkungan tempat tinggal untuk mencegah wabah ini. 

Salah satu yang sering dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit ini adalah membersihkan lingkungan, selama ini dikenal istilah 3M. Apa saja itu 3M? 

1. Menguras, yaitu menguras tempat yang sering menjadi penampungan air  seperti bak mandi, kendi, toren air, drum dan tempat penampungan air lainnya. 

Dinding bak maupun penampungan air juga harus digosok untuk membersihkan dan membuang telur nyamuk yang menempel erat pada dinding tersebut.

Saat musim hujan maupun pancaroba, kegiatan ini harus dilakukan setiap hari untuk memutus siklus hidup nyamuk yang dapat bertahan di tempat kering selama 6 bulan. 

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BOOSTER VAKSIN: Perlu Gak Sih, Ini Kata WHO

Minggu, 24 Oktober 2021 | 15:19 WIB

Stroke Itu Mendadak, Tidak Ada yang Perlahan-lahan

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 15:31 WIB

Ini Dia Manfaat Daun Kelor untuk Kejantanan  

Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:30 WIB
X