• Selasa, 30 November 2021

Kabar Baik, Kopi Ternyata Mengandung Antioksidan yang Bisa Cegah Paparan Covid-19

- Selasa, 21 September 2021 | 10:26 WIB
ILUSTRASI: Biji kopi
ILUSTRASI: Biji kopi


BERANDAKITACOM – Suka minum kopi? Ini ada kabar baik tentang manfaat kopi, bukan cuma enak dinikmati saat pagi dan senja hari, tapi kopi mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan, bahkan mencegah paparan Covid-19.

“Dalam berbagai penelitian kopi kopi menduduki peringkat teratas sebagai asupan yang dinilai mampu mencegah paparan covid-19,” ujar Guru besar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Sri Anggrahini.

Menurut dia banyak penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa kopi bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena adanya kandungan polifenol dan fenolik yang memiliki sifat antioksidan.

Meski mampu meningkatkan kekebalan tubuh, namun dianjurkan tidak mengkonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong.

“Minum kopi saat perut kosong bisa memungkinkan naiknya kadar gula darah, asam lambung naik dan resiko kena sakit maag,” kata dia.

Penelitian soal khasiat kopi ini menurutnya perlu ditindaklanjuti agar bisa mendorong masyarakat kita gemar mengkonsumsi kopi serta mengetahui batas aman mengkonsumsi kopi sesuai dengan dianjurkan.

Tidak hanya itu, kopi juga bisa digunakan untuk mendeteksi seseorang terkena covid atau tidak.

“Umumnya penderita covid mengalami gejala hilangnya indera penciuman atau anosmia. Kopi bisa digunakan untuk mendeteksi gejala tersebut karena memiliki rasa dan aroma yang kuat,”ujar dia.

Indonesia Gudang Kopi

Halaman:

Editor: Tonthowi Jauhari

Artikel Terkait

Terkini

BOOSTER VAKSIN: Perlu Gak Sih, Ini Kata WHO

Minggu, 24 Oktober 2021 | 15:19 WIB

Stroke Itu Mendadak, Tidak Ada yang Perlahan-lahan

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 15:31 WIB

Ini Dia Manfaat Daun Kelor untuk Kejantanan  

Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:30 WIB
X