• Selasa, 30 November 2021

Harusnya BSU Tahap 5 Kemnaker Sudah Cair ke Rekening Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN

- Senin, 22 November 2021 | 09:34 WIB
Menaker Ida Fauziyah dengan penerima bantuan subsidi upah. Harusnya BSU Tahap 5 Kemnaker sudah cair ke rekening Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN penerima bantuan/ilustrasi (kemnaker.go.id)
Menaker Ida Fauziyah dengan penerima bantuan subsidi upah. Harusnya BSU Tahap 5 Kemnaker sudah cair ke rekening Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN penerima bantuan/ilustrasi (kemnaker.go.id)

BERANDAKITA, JAKARTA – Harusnya sih Bantuan Subsidi Upah atau BSU tahap 5 dari Kemnaker sudah cair nih ke rekening Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN para pekerja dan buruh.

Pasalnya, BSU tahap 5 dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) itu harus tuntas dan cair ke rekening penerima di Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN paling lambat 15 Desember 2021.

Pencairan BSU tahap 5 Kemnaker merupakan gelombag terakhir bagi buruh dan pekerja pada 2021. Awalnya, BSU Kemnaker ditargetkan cair ke rekening BRI, BNI, Mandiri dan BTN penerima pada Oktober lalu.

Namun, target itu mundur ke November lantaran terdapat sejumlah data yang perlu diverifikasi. Tambah lagi, Kemnaker juga mengusulkan penambahan jumlah penerima lantaran terdapat dana sisa BSU Kemnaker sekitar Rp1,7 triliun.

Usulan itu juga telah direstui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). Namun, hingga pertengahan November kemarin jumlah pencairan BSU Kemnaker nampak masih tetap ditempat dibandingkan Oktober lalu.

Data terkait realisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) klaster perlindungan sosial (Perlinsos) di mana BSU termasuk di dalamnya, menyebutkan pencairan BSU tertahan pada 76,1 persen atau Rp6,70 triliun dari pagu Rp8,80 triliun per 12 November 2021.

Realisasi pencairan BSU Kemnaker itu hampir sama dengan data 5 November di mana pencairan BSU tercatat sebesar sebesar 75,60 persen atau Rp6,65 triliun dari pagu Rp8,80 triliun.

Kemnaker sebelumnya menegaskan dan mengingatkan penerima BSU untuk segera melakukan aktivasi rekening penerima BSU di Bank Himbara yakni BRI, BNI, Mandiri dan BTN. Melalui infografisnya, Kemnaker menjelaskan batas akhir aktivasi rekening BSU ialah pada 15 Desember 2021.

Jika penerima BSU Kemnaker tidak segera melakukan aktivasi rekening BSU, seperti dilansir jejaring Tentang Kita, www.kilas24.com, maka dana akan dikembalikan ke kas negara. Pasalnya, pencairan BSU menggunakan dana APBN sebagai bentuk bantuan sosial untuk meringankan beban buruh yang terdampak pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Khairul Azhar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Jadwal Pencairan KJP Plus Sebelum November 2021

Selasa, 23 November 2021 | 16:35 WIB
X