• Selasa, 30 November 2021

5 Bansos Cair Desember 2021: BLT Desa, Kartu Sembako, Diskon Listrik, Kartu Prakerja, dan BSU

- Senin, 22 November 2021 | 09:16 WIB
Ada 5 bantuan sosial (Bansos) yang dijadwalkan cair pada Desember 2021. Mulai dari BLT Desa, Kartu Sembako, diskon tarif listrik, insentif Kartu Prakerja, sampai dengan BSU yang diperluas/ilustrasi (kemenkeu.go.id)
Ada 5 bantuan sosial (Bansos) yang dijadwalkan cair pada Desember 2021. Mulai dari BLT Desa, Kartu Sembako, diskon tarif listrik, insentif Kartu Prakerja, sampai dengan BSU yang diperluas/ilustrasi (kemenkeu.go.id)

BERANDAKITA, JAKARTA – Ada 5 bantuan sosial (Bansos) yang dijadwalkan cair pada Desember 2021. Mulai dari BLT Desa, Kartu Sembako, diskon tarif listrik, insentif Kartu Prakerja, sampai dengan BSU yang diperluas.

Sebagian dari 5 Bansos tersebut merupakan pencairan yang sudah berjalan seperti Kartu Prakerja dan Diskon Tarif Listrik. Kemudian ada 3 Bansos yang memang menyasar penerima manfaat baru yaitu BLT Desa, Kartu Sembako, dan Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk pekerja dan buruh.

Berikut infotermasi tentang BLT Desa dan Kartu Sembako, Diskon Tarif Listrik, insentif Kartu Prakerja, dan BSU diperluas:

BLT DESA & KARTU SEMBAKO

Menjelang tutup tahun 2021, Presiden Joko Widodo(Jokowi) menginstruksikan bawahannya untuk menekan tingkat kemiskinan ekstrem di beberapa kabupaten atau kota di 7 provinsi.

Kebijakan tersebut dituangkan dalam bentuk perluasan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa yang akan diberikan kepada 694 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) dan Kartu Sembako kepada 1,4 juta warga. Nilai BLT Desa dan Kartu Sembako adalah Rp300 ribu per bulan selama tiga bulan.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pPemerintah saat ini tengah menyiapkan regulasi untuk pemberian BLT Desa dan Kartu Sembako tambahan itu.

“Program yang didorong di tahun ini adalah top up BLT Desa sebesar Rp300 ribu x 3 bulan, jumlah sasarannya adalah 694 (ribu) KPM. Ini membutuhkan surat edaran bersama Kemendagri dan Kemendes dan ini penyesuaian PMK (Peraturan Menteri Keuangan) sedang disiapkan,” terangnya.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan tambahan untuk program Kartu Sembako dengan jumlah sasaran sekitar 1,4 juta KPM. “Program Kartu Sembako yang di top up juga Rp300 ribu x 3 bulan. Jumlahnya nanti menurut Ibu Mensos sekitar 1,4 juta (KPM), dan akan dilaksanakan di akhir atau di awal Desember,” kata Airlangga.

Halaman:

Editor: Khairul Azhar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Jadwal Pencairan KJP Plus Sebelum November 2021

Selasa, 23 November 2021 | 16:35 WIB
X