• Minggu, 5 Desember 2021

KTP sama dengan NPWP: Punya NIK Langsung Bayar Pajak? Simak Dulu Ini Deh

- Senin, 11 Oktober 2021 | 09:55 WIB
KTP sama dengan NPWP: Punya NIK Langsung Bayar Pajak? Simak Dulu Ini Deh/ilustrasi (pixabay)
KTP sama dengan NPWP: Punya NIK Langsung Bayar Pajak? Simak Dulu Ini Deh/ilustrasi (pixabay)

BERANDAKITA.COM, JAKARTA – Fungsi Nomor Induk Kependudukan (NIK) akan bertambah fungsinya sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk wajib pajak orang pribadi.

Beleid yang menjadi landasan dari rencana pemerintah itu adalah UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan yang telah disetujui oleh DPR.

Menurut draf UU HPP, setiap WP pribadi yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif sesuai dengan ketentuan perpajakan wajib mendaftarkan diri pada kantor Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Rencana pemerintah tersebut sempat memunculkan polemik di masyarakat. Pasalnya, sebagian orang ternyata berpandangan, berdasarkan keputusan, setiap orang yang memiliki KTP langsung menjadi wajib pajak.

Nah, akun Twitter Ditjen Pajak, @DitjenPajakRI, memberikan penjelasan terkait dengan penggunaan NIK sebagai NPWP melaui infografis sebagai berikut:

Wah punya NIK = NPWP dong! Tunggu dulu. Bagaimana ketentuan NIK dan NPWP di UU HPP?  -Sebuah Utas-

Nah ini yang pertama.

Secara administrasi lebih mudah karena ada integrasi data. Kalau sudah menjadi wajib pajak, maka mendapatkan NPWP akan jauh lebih mudah. #PajakKitaUntukKita

 

Ketentuan NIK sebagai NPWP

Halaman:

Editor: Sanggono Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X