• Minggu, 5 Desember 2021

MENSOS RISMA: Bansos Juli & September yang Belum Cair Harus Dibayar Cash Oktober!

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 13:19 WIB
MENSOS RISMA: Bansos Juli & September yang Belum Cair Harus Dibayar Cash Oktober!/ilustrasi (kemensos.go.id)
MENSOS RISMA: Bansos Juli & September yang Belum Cair Harus Dibayar Cash Oktober!/ilustrasi (kemensos.go.id)

BERANDAKITA.COM,  JAKARTA – Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta bantuan sosial (bansos) yang belum cair pada Juli dan September 2021 harus dibayarkan seluruhnya dengan cash atau tunai pada Oktober ini.

Perintah untuk membayarkan bansos periode Juli dan September secara cash atau tunai pada Oktober ini disampaikan Mensos Risma ketika mengunjungi Takalar, Sulawesi Selatan, 7 Oktober 2021.

Menurut Mensos Risma, di wilayah Sulsel, data bansos yang belum tersalur jumlahnya cukup besar. Menurut dia, di Kabupaten Maros, ada 578 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tahap 1 yang belum tersalur. Belum lagi ada 18.225 penambahan di tahap 2. 

“Data yang belum salur itulah yang tadi kita selesaikan. (Di antara masalahnya adalah ada KPM) yang belum terdistribusi kartunya dan (bantuan) belum salur. Jumlahnya cukup besar,” katanya seperti dilansir laman resmi Kemensos, www.kemensos.go.id.  

BACA JUGA: Yang Nunggu Pembukaan Prakerja Gelombang 22, Tenang, Dilanjut Tahun Depan

Sementara itu, Kabupaten Gowa, kata Risma, terdapat 2400 KPM yang belum mendapatkan bansos. Untuk itu, pihaknya meminta agar penyalurannya dilakukan secara tunai atau sekaligus.

"Ini jumlahnya besar kalo dibanding daerah lain. Sayang kalau gak terealisasi padahal orang  itu butuh,” katanya. 

Selain itu, kata Risma, ada berbagai kasus lain yang ditemukan, di antaranya, lokasi KPM yang jauh, dan KPM lansia, sehingga realisasi penyaluran rendah. 

“Ada kasus lokasi jauh, contoh di Luwu itu salurnya rendah sekali. Saya sampaikan tidak mungkin hanya mengambil kartu sudah tua gak ada fasilitas. Kita minta bank memberikan bantuan dalam bentuk tunai,” katanya.

Halaman:

Editor: Khairul Azhar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X