• Minggu, 5 Desember 2021

5 Penyebab Tidak Lolos Pendataan KJP Plus Tahap 2 Tahun 2021: Cek Nomor 2

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 09:04 WIB
5 Penyebab Tidak Lolos Pendataan KJP Plus Tahap 2 Tahun 2021: Cek Nomor 2/ilustrasi (istimewa)
5 Penyebab Tidak Lolos Pendataan KJP Plus Tahap 2 Tahun 2021: Cek Nomor 2/ilustrasi (istimewa)

BERANDAKITA.COM, JAKARTA — Penyebab tidak lolos pendataan penerima KJP Plus termasuk untuk tahap 2 tahun 2021 seringkali ditanyakan warga Ibu Kota. Pada saat yang bersamaa, warga tengah menunggu informasi jadwal pencairan KJP Plus Oktober.

Berandakita belum mendapatkan info terbaru tentang jadwa pencairan KJP Plus Oktober 2021. Namun, biasanya penyaluran dilakukan tanggal 13 atau setelahnya. Berikut ini penyebab Anda tidak lolos pendataan penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus tahap 2 tahun 2021 yang dirangkum berandakita:.

Keputusan Gubernur Nomor 1250 tahun 2021 mengatur siapa saja yang tidak boleh melakukan pendaftaran. Aturan itu juga menjadi rujukan penetapan penerima KJP Plus dan KJMU.

  1. Tidak terdapat anggota rumah tangganya yang menjadi PNS, TNI, Polri, pegawai tetap BUMN, dan anggota DPR atau pun DPRD.
  2. Tidak memiliki mobil. Jika memiliki mobil otomatis tidak masuk (lolos) dalam DTKS karena data DTKS terhubung dengan Bapenda. Kadang-kadang penerima calon KJP atau KJMU memiliki mobil tetapi mobil itu sudah dijual.
  3. Tidak memiliki tanah dan atau bangunan dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di atas Rp1 miliar.
  4. Tidak mengkonsumsi air minum kemasan bermerek, paling sedikit adalah 19 liter.
  5. Tidak miskin berdasarkan penilaian masyarakat setempat. Alasannya, terdapat kriteria tidak miskin yang dihitung berdasarkan penghasilannya.

JUMLAH PENERIMA NAIK

Dinas Pendidikan DKI Jakarta memperkirakan terjadi peningkatan jumlah penerima KJP Plus karena peningkatan di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Alasannya, banyak masyarakat Ibu Kota yang secara ekonomi rentan terhadap pandemi Covid-19.

Pemadanan DTKS saat ini telah menggunakan Permensos Nomor 3 tahun 2021 yang berbeda dengan Permensos Nomor 28, 11 ataupun nomor 5.

Saat masyarakat mendaftar KJP Plus atau Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU), data kemudian dipadankan dengan yang ada Dukcapil. Namun, sebelum mendaftar perlu diketahui Pemprov DKI punya Keputusan Gubernur Nomor 1250 tahun 2021.

Pendataan Kartu Jakarta Pintar (KJP) tahap 2 tahun 2021 memasuki finalisasi yang dilakukan selama 1 sampai dengan 13 Oktober 2021.

Berikut ini beberapa info lengkap tentang pendataan KJP Plus tahap 2 Tahun 2021:

Halaman:

Editor: Sanggono Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X