• Selasa, 30 November 2021

Tentang Kartu Prakerja Gelombang 22 dan BSU Tahap 5 via BPJS Ketenagakerjaan

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 09:30 WIB
Tentang Kartu Prakerja Gelombang 22 dan BSU Tahap 5 via BPJS Ketenagakerjaan/ilustrasi (prakerja.go.id)
Tentang Kartu Prakerja Gelombang 22 dan BSU Tahap 5 via BPJS Ketenagakerjaan/ilustrasi (prakerja.go.id)

BERANDAKITA.COM,  JAKARTA – Dua bantuan dari pemerintah semasa pandemi Covid-19 yakni Kartu Prakerja gelombang 22 dan bantuan subsidi upah (BSU) tahap 5 dari Kemnaker kemungkinan besar dirilis pada akhir Oktober.

Memang belum ada informasi resmi kapan Kartu Prakerja gelombang 22 dan BSU tahap 5 via data BPJS Ketenagakerjaan, kerap disebut bantuan langsung tunai (BLT) pekerja dan buruh, akan dirilis.

Namun, berdasarkan kajian berandakita, baik Kartu Prakerja gelombang 22 maupun BSU tahap 5 dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) palin cepat dirilis akhir Oktober atau awal November 2021.

Kuota Kartu Prakerja gelombang 22 nantinya berasal dari kepesertaan yang dicabut pada gelombang sebelumnya. Sementara itu BSU atau BLT tahap 5 datanya masih dalam veriifikasi di Kemnaker. Bahkan selanjutnya, menurut rencana, bantuan tersebut akan diperluas.

Pemerintah semula menjadwalkan gelombang 21 akan menjadi batch terakhir. Namun, ada peserta yang dicabut kepesertaannya di setiap gelombang. Jatah kepesertaan yang batal itu kemudian dijadikan kuota Kartu Prakerja gelombang 22.

Begitu juga dengan BSU Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) atau BLT pekerja. Awalnya penyaluran bantuan yang menggunakan data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan diperkirakan selesai Oktober.

Namun, setelah dilakukan validasi data oleh Kemnaker, BSU atau BLT pekerja 2021 yang ditargetkan selesai akhir Oktober diperkirakan baru menyerap Rp6,9 triliun dari pagu anggaran senilai Rp8,7 triliun atau tersisa Rp1,7 triliun.

Berikut ini informasi yang dirangkum berandakita tentang peluang Kartu Prakerja gelombang 22 dan BSU Kemnaker atau BLT pekerja diluncurkan pada akhir Oktober 2021

  1. Kartu Prakerja Gelombang 22

Kartu Prakerja gelombang 22, menurut perkiraan berandakita, kemungkinan besar diluncurkan pemerintah pada pekan ketiga Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Sanggono Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Jadwal Pencairan KJP Plus Sebelum November 2021

Selasa, 23 November 2021 | 16:35 WIB
X