• Minggu, 5 Desember 2021

Bantuan Subsidi Upah atau BSU 2021 Tahap 4 dan 5: Perusahaan Tunggak Iuran BPJS Ketenagakerjaan 3 Bulan?

- Kamis, 23 September 2021 | 08:04 WIB
Bantuan Subsidi Upah atau BSU 2021 Tahap 4 dan 5: Perusahaan Tunggak Iuran BPJS Ketenagakerjaan 3 Bulan?/ilustrasi (pixabay)
Bantuan Subsidi Upah atau BSU 2021 Tahap 4 dan 5: Perusahaan Tunggak Iuran BPJS Ketenagakerjaan 3 Bulan?/ilustrasi (pixabay)

BERANDAKITA.COMBantuan Subsidi Upah atau BSU tahap 4 dan tahap 5, menurut rencana, akan disalurkan pada September dan Oktober. Bagaimana apabila perusahan tidak membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan selama tiga bulan?

Besaran BSU, kerap disebut bantuan langsung tunai (BLT) untuk pekerja dan buruh, tahap 4 dan tahap 5 masing-masing Rp500 per bulan yang dibayarkan sekaligus.

Berikut ini penjelasan dari Kementerian Ketenagakerjaan melalui laman www.bantuan.kemnaker.go.id terkait dengan perusahaan yang tidak membayar iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan:

Bagaimana bila perusahaan tidak membayar iuran selama 3 (tiga) bulan? Apakah masih dapat menerima subsidi upah?

Pekerja tetap mendapatkan BSU sepanjang perusahaan tidak menonaktifkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, sehingga peserta diminta untuk mengecek kembali ke perusahaan apakah sudah diusulkan ke BPJS Ketenagakerjaan setempat.

Cara Cek Penerima BSU Tahap 4 dan Tahap 5

  1. Melalui laman https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  2. Lewat laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  3. Melalui laman resmi Kemnaker yaitu https://bsu.kemnaker.go.id/
  4. Melalui nomor call center 175
  5. Lewat nomor WhatsApp 081380070175

Berikut ini syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan bantuan subsidi upah atau BSU termasuk pada tahap 4 dan tahap 5:

  1. Pekerja harus berstatus sebagai WNI dengan menunjukkan KTP yang sah.
  2. Terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan setidaknya hingga akhir bulan Juni 2021.
  3. Sektor yang paling diutamakan menerima BSU adalah industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa. Adapun sektor pendidikan dan kesehatan tidak menjadi target utama.
  4. Pekerja atau karyawan calon penerima bekerja di Kabupaten/Kota di 28 Provinsi terdampak PPKM Level 3 dan Level 4 sesuai dengan aturan Permenaker Nomor 16 Tahun 2021.

Sampai dengan pekan kedua September, BSU sudah dikucurkan kepada ke 4,6 juta rekening penerima. Anggaran yang disiapkan pemerintah mencapai Rp8,8 triliun. Bantuan subsidi tahap 4 dan tahap 5 masih dalam pemadanan data.

BSU akan dicairkan untuk dua bulan masing-masing Rp500 ribu. Penyaluran dilakukan bersamaan sehingga penerima bantuan subsidi upah akan mendapatkan Rp1 juta termasuk untuk tahap 4 dan tahap 5.

Halaman:

Editor: Sanggono Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X