• Minggu, 5 Desember 2021

Tanya Jawab Bantuan Subsidi Upah atau BSU 2021 Gelombang 4 dan 5: Kok Gak Cair-cair?

- Rabu, 22 September 2021 | 18:40 WIB
Tanya Jawab Bantuan Subsidi Upah atau BSU 2021 Gelombang 4 dan 5: Kok Gak Cair-cair/ilustrasi (pixabay)
Tanya Jawab Bantuan Subsidi Upah atau BSU 2021 Gelombang 4 dan 5: Kok Gak Cair-cair/ilustrasi (pixabay)

BERANDAKITA.COM – Pencairan Bantuan Subsidi Upah atau BSU kini memasuki gelombang 4 dan gelombang 5. Pertanyaan yang sering muncul terkait pencairan adalah menyangkut penyaluran dana bantuan langsung tunai (BLT) untuk pekerja dan buruh yang tidak cair-cair.

Pencairan bantuan subsidi upah atau kerap disebut bantuan langsung tunai (BLT) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) gelombang 4 dan 5 dijadwalkan berlangsung pada September dan Oktober 2021. Kira-kira apa saja ya kendala penyaluran di gelombang sebelumnya?

Sampai dengan pekan lalu, BSU sudah mengucur ke 4,6 juta rekening penerima. Anggaran yang disiapkan pemerintah mencapai Rp8,8 triliun. BSU akan dicairkan untuk dua bulan masing Rp500 ribu. Penyaluran dilakukan bersamaan sehingga penerima bantuan subsidi upah akan mendapatkan Rp1 juta.

Kalian bisa menyimak jawaban tentang kendala penyaluran BSU atau BLT pekerja yang dilansir laman https://bantuan.kemnaker.go.id/ di bawah ini:

Nomor rekening telah didaftarkan oleh perusahaan ke BPJS Keenagakerjaan namun BSU 2020 sampai saat ini tidak cair

Untuk program BSU tahun 2020 telah selesai, dan pemerintah melanjutkan program BSU Tahun 2021 namun dengan skema, ketentuan dan persyaratan yang berbeda dengan tahun lalu, sesuai dengan yang ditetapkan dalam Permenaker Nomor 16 Tahun 2021 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah berupa Subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja/Buruh dalam Penanganan Dampak Covid-19.

Selama Pekerja/Buruh memenuhi syarat penerima BSU Tahun 2021 sesuai ketentuan dalam Permenaker Nomor 16 Tahun 2021

Saya belum menerima BSU baik termin 1 dan 2 BSU Tahun 2020 dikarenakan nomor rekening satu kantor saya pada tertukar apakah bisa dibenarkan?

Kemnaker tidak dapat memproses penyaluran BSU bagi data usulan atau data perbaikan calon penerima BSU yang disampaikan oleh BPJS Ketenagakerjaan melewati tanggal 30 September 2020;

Halaman:

Editor: Sanggono Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X