• Minggu, 5 Desember 2021

PON XX Papua Pun Megah dengan Dana Rp3,535 Triliun

- Senin, 11 Oktober 2021 | 09:23 WIB
PON XX Papua Pun Megah dengan Dana Rp3,535 Triliun (kemenkeu.go.id)
PON XX Papua Pun Megah dengan Dana Rp3,535 Triliun (kemenkeu.go.id)

BERANDAKITA.COM, JAKARTA – Pemerintah mengalokasikan dana Rp3,535 triliun untuk penyelenggaraan PON XX Papua dan Pekan Paralimpade Nasional (Papernas) XVI tahun 2021 dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Dana tersebut dialokasikan kepada Kementerian PUPR, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Perhubungan, LPP TVRI, Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, LPP RRI, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, dan Kementerian Pariwisata.

Alokasi anggaran tersebut, menurut laman Kementerian Keuangan, www.kemenkeu.go.id, diberikan secara bertahap mulai tahun 2018 hingga 2021 untuk penyelenggaraan event serta pembangunan infrastruktur utama maupun infrastruktur pendukung.

Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2021, Kementerian Keuangan ditugaskan untuk memfasilitasi percepatan dukungan teknis penganggaran yang diperlukan oleh K/L dan memfasilitasi percepatan hibah Barang Milik Negara (BMN) prasarana dan sarana pertandingan dari Kementerian PUPR kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Papua.

Baca Juga: Pencairan KJP Plus Oktober 2021: Dana Masuk Lebih? Jangan Ambil Semua

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 22, Ini Syarat dan Cara Mendapatkannya

“Nanti barang yang anggarannya sudah disediakan kemudian dibangun menjadi BMN, barang tersebut nanti akan dihibahkan kepada Pemda yaitu Pemerintah Papua. Nanti akan kita serahkan dalam bentuk hibah dan bagus untuk menambah aset Barang Milik Daerah (BMD),” ungkap Direktur BMN Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Encep Sudarwan pada Bincang Bareng DJKN, pekan lalu.

Hibah ini bertujuan untuk memudahkan keberlanjutan pengelolaan aset tersebut. Sehingga, diharapkan memberikan manfaat sosial ekonomi kepada masyarakat Papua dan sekitarnya dalam jangka panjang.

BMN yang rencananya dihibahkan yaitu Arena Aquatic, Istora Papua Bangkit, Arena Cricket, Hockey Indoor dan Outdoor, Kawasan Kampung Harapan, Kawasan Doyo Baru, Arena Sepatu Roda, Arena Panahan, Arena Dayung, Sistem Drainase Kabupaten Jayapura, dan Sanitasi. Nilai seluruh BMN dimaksud sebesar Rp1.350,67 miliar.

Halaman:

Editor: Sanggono Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Karakter dalam Squid Game, Kamu Mirip yang Mana?

Selasa, 16 November 2021 | 16:58 WIB

BTS Menangkan 4 Penghargaan di MTV EMA 2021

Senin, 15 November 2021 | 09:36 WIB
X